Sabtu, 04 Agustus 2012

TUTORIAL Convert Models [GTA>CS]


Setelah lama tidak update, (maklum paketan modem abis). Saya ingin memberikan tutorial lagi, yang pastinya berdasarkan kemampuan ane sendiri, bukan REPOST dari orang lain. Langsung aja kita pelajari.

TUTORIAL CONVERT 

MODELS (original by 

ZZZZ)

A. Penjelasan Convert Models.
       Dulu, para modder (khususnya modder CSPB), mendapatkan models original Point Blank itu sangatlah sulit. Karena file asli Point Blank (PB) itu sangat susah dibobol/ di-RIP dengan sembarang tools, tetapi harus dibuka dengan software i3 yang hanya dimiliki oleh developer game tersebut (Zepetto). Tapi, setelah beberapa lama, ada modder GTA dari negara Rusia sana yang ternyata BISA membobol models tersebut dari game PB itu sendiri. Namanya adalah Skript47. Dia membobol models senjata-senjata PB untuk diterapkan kedalam game GTA : San Andreas.
       Kemudian setelah modder-modder CSPB mengetahuinya, mereka langsung mencoba untuk “men-konvert” salah satu models senjata PB (karena waktu itu baru sedikit models yang di share). Setelah beberapa lama penelitian, ternyata BISA! Models GTA bisa di convert ke CS! Barulah setelah itu mereka mulai me-request beberapa skin lain dari si Skript47 tadi.
       Saya pun mendapatkan ilmu ini setelah Saya berguru dengan Modder lama yang bernama Hessho yang saat ini sudah tinggal nama (bukan meninggal). Saya diajari caranya dengan simple melalui chat FB, dan anehnya, saya langsung berhasil.
       Oke, segini dulu basa-basinya, langsung ke penjelasan. Convert models disini adalah men-convert models GTA (.dff) untuk diubah menjadi models CS (.smd). Adapun caranya sebagai berikut. (sebaiknya anda siapkan secangkir kopi sembari membaca tulisan ini).


B. Alat (Software) yang diperlukan.
-         Zmodeler 2.2.4 (tentunya yang sudah registered. Sebab jika belum di register, dia tidak akan bisa meng-import models apapun!) : SEDOT
-         DFF Unlocker : SEDOT
-         TXD Workshop : SEDOT
-         Milkshape 3D : SEDOT
-         Adobe Photoshop (pasti udah pada punya)

Oh iya, untuk mendapatkan file “mentahan” models GTA, Anda bisa mencarinya di blog resmi Skript47 (livetowin36.blogspot.com).

Sebagai contoh, kita akan meng-convert salah satu senjata PB yaitu “SPAS-15 MSC”. Dan sebagai file models GTA, disini kita akan bertemu 2 file yaitu .dff dan .txd.
Adapun penjelasan file-file tersebut adalah :
-         .dff berisi GEOMETRY dari models senjata.
-         .txd berisi TEXTURE untuk models tersebut.

Ø      Langkah Pertama (menggunakan DFF Unlocker/RW Analyze).
-         Load file .dff menggunakan DFF Unlocker/RW Analyze, kemudian klik Tools > Command > Change File Version > RW 3.5 (0x1400FFFF)

-         Jika sudah, tekan Ctrl + S (save) file tersebut.

Ø      Langkah Kedua (menggunakan TXD Workshop & Photoshop)
-         Buka file .txd, kemudian klik ikon “Export” lalu pilih “Export all textures to bitmaps”. Dan arahkan ke sembarang folder.

-         Kemudian, load semua texture senjata yang diperlukan kedalam Photoshop. Tidak lain dan tidak bukan, untuk mengubah tipe bitmaps kedalam ukuran 8-bit.
-         Setelah sudah di load, lalu pilih menu Image > Mode > Indexed Color, lalu OK, dan save dengan resolusi 8-bit, kemudian Save kembali texture sebagai .bmp yang sama.


Ø      Langkah Ketiga (menggunakan Zmodeler 2.2.4)
-         Selanjutnya, import file .dff dari Zmodeler. Kemudian hapus bagian muzzleflash-nya dengan mengarahkan kursor ke benda tersebut, lalu tekan “Delete” pada keyboard.

-         Jika bagian muzzleflash sudah hilang, export kembali dengan eksistensi Wavefront (.obj).

Ø      Langkah Keempat (menggunakan MS3D).
-         Tahap selanjutnya, import .obj tadi kedalam MS3D. Kemudian klik Tools > Mirror All > dan pilih Mirror left > right. Lalu OK. (ini dilakukan karena kebanyakan model dari GTA pada terbalik posisinya.)
-         Karena model dari GTA tersebut posisinya miring, ada baiknya kita luruskan terlebih dahulu models tersebut dengan cara Ctrl + A, kemudian pilih menu “Rotate” dan luruskan models tersebut.
      
-         Jika sudah lurus, barulah kita export ke .smd (File > Export > Half-Life SMD). Sampai tahap ini, berarti kita sudah berhasil men-konvert senjata dari GTA > CS.

       Selanjutnya, tergantung keinginan Anda, jika models/senjata ini hanya ingin diconvert saja, berarti perjuangan Anda cukup sampai disini. Tetapi jika Anda berniat untuk men-konvert lalu memasangnya dengan bone (untuk dijadikan senjata CS), maka perjuangan belum berhenti sampai disini. Ada tahapan selanjutnya yang akan dibahas di bawah. *ada baiknya istirahat sejenak, dan minumlah kopi yang telah dibuat tadi*…
       Untuk bone yang akan di-replace, Saya akan menggunakan Bone dari senjata SPAS-15 milik Balistic.

Ø      Langkah Kelima (masih menggunakan MS3D).
-         Decompile .mdl yang utuh tadi, kemudian import bagian weapon-nya saja sebagai rincian ukuran dan lokasi models terhadap bone-nya.

-         Janganlah kaget ketika mengimport .smd, karena biasanya models convert-an kita menjadi tidak kelihatan/hilang. Tapi sebenarnya tidak, karena models hasil convert-an itu sangat kecil sekali, maka kita harus men-zoom layar hingga terlihat titik merah kecil yang berada di pangkal posisi X dan Y supaya models tersebut kelihatan. Nah, ketika sudah kelihatan, barulah kita atur ukuran, dan posisi models tersebut seperti models asli yang baru saja di load tadi. (maaf bila bikin bingung).

-         Nah, ketika ukuran models (tebal, lebar, dan panjang) sudah sesuai, dan posisi sudan seperti senjata asli, hapus bagian senjata aslinya. Dan selanjutnya adalah mengatur UV-map texture dan memutilasi models agar di-assign kan ke bone-nya masing-masing (mag, bolt, body, dll).

*Untuk cara mengatur UV-map & memutilasi models, langlah-langkahnya sebagai berikut :
a.       Pindah ke bagian tab “Materials”, kemudian pilih “New” dan load semua texture-nya 1-1. Setelah di load, klik “assign” maka otomatis menyesuaikan dengan bagiannya masing-masing. (misal texture mag dengan magazine, body dengan body, dll).  Untuk kali ini, saya akan me-load texture Body terlebih dahulu.

*Disini terlihat bahwa hanya bagian body saja yang sudah pas dengan texture-nya. Sedangkan bagian lain (mag, scope) belum sempurna dan masih acak-acakan. Itu dikarenakan texture yang di load ini tidak kompatibel dengan UV-map aslinya. Sebelum tahap selanjutnya, kita mutilasi dulu bagian yang TIDAK perlu, yaitu mag dan scope.

Lakukan perlahan-lahan sampai semua bagian yang tidak perlu HILANG, dan menyisakan bagian yang terkena texture saja.

b.      Selanjutnya tekan Ctrl + A, disusul dengan Ctrl + T . Kemudian akan muncul jendela Texture Coordinate Editor. Lalu pilih Move > isi pada kolom sebelah kanan dengan nilai “1”, kemudian klik “M”. Maka posisi UV-map yang diatas akan turun ke bawah menyesuaikan dengan letaknya masing-masing.

Setelah itu, gabungkan models dengan bone “body” (seperti pelajaran Hack Models) lalu Export ke .smd.

*Lakukan tahap ini sama untuk bagian-bagian yang lain (yang tadi dibuang). Kemudian diexport ke .smd dalam folder yang sama dan dengan nama yang berbeda tiap bagiannya.

[NB : Usahakan agar models tidak lebih dari 2000 vertices. *cara melihatnya dengan Tools > Show Models Statistics …* Karena jika lebih dari itu, compiler HLMV akan mengalami error dan proses compile akan terhenti ditengah-tengah.

-         Setelah semua bagian sudah selesai dipisah-pisah & di-assign, langkah selanjutnya hanya tinggal mengumpulkan semua bahan-bahan dalam 1 folder (.smd dan texture-nya). Setelah itu Edit .qc file supaya hanya me-load bahan-bahan yang tadi saja (bukan models asli/yang lama).
-         Terakhir, tinggal di compile models tersebut. Dan jika tidak ada kesalahan dalam tahapan, models akan segera jadi tanpa hambatan.

Oke, Saya kira cukup untuk tutorial convert weapon, Kalau ada yang masih bingung, tinggal komen aja. Insya Allah ane jawab. :)

11 komentar:

Unknown mengatakan...

maap sedikit melenceng gan..

kalo cara buat skin ped sendiri di gta sa gimana...??

Danang mengatakan...

Wah, sorry gan. Ane bukan modder GTA:SA.

Unknown mengatakan...

Thanks Infonya :D
Visit My Blog http://blogduri.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Tapi kok kalo pas udah nyampe MS3d dibagian groups cuma ada tulisan default(no material) kalo kaya gitu mesti gimana?

Danang mengatakan...

yaiya, harus di kasihin texture cara manual. Liat lagi caranya dengan teliti, pasti bisa.

abdrahman mengatakan...

gan klo untuk convert character apa juga sama caranya

Unknown mengatakan...

gan minta cara hack hand models pliz ,uda w cari2x di google gamebanana tdk ada klo ada kaga work pliz k4 tau caranya
my email:budi.laysgmz@gmail.com

Danang mengatakan...

@rammdhan muhtar : Pada dasarnya teknik nya sama gan. Cuma mungkin ada sedikit perbedaan di bones yang nanti bakal di assign.

Firdaus Anwar mengatakan...

Thanks Infonya gan, sangat membantu,,

Firdaus Anwar mengatakan...

gan, klo cara ngonvert dari pb ke gta gmana?

Unknown mengatakan...

kalo model skin dari gta sa ke CS caranya sama om?ama yg diatas

Posting Komentar