Setelah lama tidak update, (maklum paketan
modem abis). Saya ingin memberikan tutorial lagi, yang pastinya berdasarkan
kemampuan ane sendiri, bukan REPOST
dari orang lain. Langsung aja kita pelajari.
TUTORIAL CONVERT
MODELS (original by
ZZZZ)
MODELS (original by
ZZZZ)
A. Penjelasan Convert Models.
Dulu, para modder (khususnya
modder CSPB), mendapatkan models original Point Blank itu sangatlah sulit.
Karena file asli Point Blank (PB) itu sangat susah dibobol/ di-RIP dengan
sembarang tools, tetapi harus dibuka dengan software i3 yang hanya dimiliki
oleh developer game tersebut (Zepetto). Tapi, setelah beberapa lama, ada modder
GTA dari negara Rusia sana
yang ternyata BISA membobol models tersebut dari game PB itu sendiri. Namanya
adalah Skript47. Dia membobol models senjata-senjata
PB untuk diterapkan kedalam game GTA : San Andreas.
Kemudian setelah
modder-modder CSPB mengetahuinya, mereka langsung mencoba untuk “men-konvert”
salah satu models senjata PB (karena waktu itu baru sedikit models yang di
share). Setelah beberapa lama penelitian, ternyata BISA! Models GTA bisa di
convert ke CS! Barulah setelah itu mereka mulai me-request beberapa skin lain dari
si Skript47 tadi.
Saya pun mendapatkan ilmu
ini setelah Saya berguru dengan Modder lama yang bernama Hessho yang saat ini
sudah tinggal nama (bukan meninggal). Saya diajari caranya dengan simple
melalui chat FB, dan anehnya, saya langsung berhasil.
Oke, segini dulu basa-basinya, langsung ke penjelasan. Convert models disini adalah men-convert models GTA (.dff) untuk diubah menjadi models CS (.smd). Adapun caranya sebagai berikut. (sebaiknya anda siapkan secangkir kopi sembari membaca tulisan ini).
B. Alat (Software) yang diperlukan.
Oke, segini dulu basa-basinya, langsung ke penjelasan. Convert models disini adalah men-convert models GTA (.dff) untuk diubah menjadi models CS (.smd). Adapun caranya sebagai berikut. (sebaiknya anda siapkan secangkir kopi sembari membaca tulisan ini).
B. Alat (Software) yang diperlukan.
-
Zmodeler
2.2.4 (tentunya yang sudah registered. Sebab jika belum di register, dia tidak
akan bisa meng-import models apapun!) : SEDOT
-
DFF
Unlocker : SEDOT
-
TXD
Workshop : SEDOT
-
Milkshape
3D : SEDOT
-
Adobe
Photoshop (pasti udah pada punya)
Oh iya, untuk mendapatkan file “mentahan” models GTA, Anda bisa
mencarinya di blog resmi Skript47 (livetowin36.blogspot.com).
Sebagai contoh, kita akan meng-convert salah satu senjata PB yaitu
“SPAS-15 MSC”. Dan sebagai file models GTA, disini kita akan bertemu 2 file
yaitu .dff dan .txd.
Adapun penjelasan file-file tersebut adalah :
Adapun penjelasan file-file tersebut adalah :
-
.dff
berisi GEOMETRY dari models senjata.
-
.txd
berisi TEXTURE untuk models
tersebut.
Ø Langkah Pertama (menggunakan DFF Unlocker/RW Analyze).
-
Load
file .dff menggunakan DFF Unlocker/RW Analyze, kemudian klik Tools > Command
> Change File Version > RW 3.5 (0x1400FFFF)
-
Jika
sudah, tekan Ctrl + S (save) file tersebut.
Ø Langkah Kedua (menggunakan TXD Workshop & Photoshop)
-
Buka
file .txd, kemudian klik ikon “Export” lalu pilih “Export all textures to
bitmaps”. Dan arahkan ke sembarang folder.
-
Kemudian,
load semua texture senjata yang diperlukan kedalam Photoshop. Tidak lain dan
tidak bukan, untuk mengubah tipe bitmaps kedalam ukuran 8-bit.
-
Setelah
sudah di load, lalu pilih menu Image > Mode > Indexed Color, lalu OK,
dan save dengan resolusi 8-bit, kemudian Save kembali texture sebagai .bmp yang
sama.
Ø Langkah Ketiga (menggunakan Zmodeler 2.2.4)
-
Selanjutnya,
import file .dff dari Zmodeler. Kemudian hapus bagian muzzleflash-nya dengan
mengarahkan kursor ke benda tersebut, lalu tekan “Delete” pada keyboard.
-
Jika
bagian muzzleflash sudah hilang, export kembali dengan eksistensi Wavefront
(.obj).
Ø Langkah Keempat (menggunakan MS3D).
-
Tahap
selanjutnya, import .obj tadi kedalam MS3D. Kemudian klik Tools > Mirror All
> dan pilih Mirror left > right. Lalu OK. (ini dilakukan karena
kebanyakan model dari GTA pada terbalik posisinya.)
-
Karena
model dari GTA tersebut posisinya miring, ada baiknya kita luruskan terlebih
dahulu models tersebut dengan cara Ctrl + A, kemudian pilih menu “Rotate” dan
luruskan models tersebut.
-
Jika
sudah lurus, barulah kita export ke .smd (File > Export > Half-Life SMD).
Sampai tahap ini, berarti kita sudah berhasil men-konvert senjata dari GTA >
CS.
Selanjutnya, tergantung
keinginan Anda, jika models/senjata ini hanya ingin diconvert saja, berarti
perjuangan Anda cukup sampai disini. Tetapi jika Anda berniat untuk men-konvert
lalu memasangnya dengan bone (untuk dijadikan senjata CS), maka perjuangan
belum berhenti sampai disini. Ada
tahapan selanjutnya yang akan dibahas di bawah. *ada baiknya istirahat sejenak,
dan minumlah kopi yang telah dibuat tadi*…
Untuk bone yang akan
di-replace, Saya akan menggunakan Bone dari senjata SPAS-15 milik Balistic.
Ø Langkah Kelima (masih menggunakan MS3D).
-
Decompile
.mdl yang utuh tadi, kemudian import bagian weapon-nya saja sebagai rincian
ukuran dan lokasi models terhadap bone-nya.
-
Janganlah
kaget ketika mengimport .smd, karena biasanya models convert-an kita menjadi
tidak kelihatan/hilang. Tapi sebenarnya tidak, karena models hasil convert-an
itu sangat kecil sekali, maka kita harus men-zoom layar hingga terlihat titik
merah kecil yang berada di pangkal posisi X dan Y supaya models tersebut
kelihatan. Nah, ketika sudah kelihatan, barulah kita atur ukuran, dan posisi
models tersebut seperti models asli yang baru saja di load tadi. (maaf bila
bikin bingung).
-
Nah,
ketika ukuran models (tebal, lebar, dan panjang) sudah sesuai, dan posisi sudan seperti
senjata asli, hapus bagian senjata aslinya. Dan selanjutnya adalah mengatur
UV-map texture dan memutilasi models agar di-assign kan ke bone-nya masing-masing (mag, bolt,
body, dll).
*Untuk cara mengatur UV-map &
memutilasi models, langlah-langkahnya sebagai berikut :
a. Pindah ke bagian tab “Materials”,
kemudian pilih “New” dan load semua texture-nya 1-1. Setelah di load, klik
“assign” maka otomatis menyesuaikan dengan bagiannya masing-masing. (misal
texture mag dengan magazine, body dengan body, dll). Untuk kali ini, saya akan me-load texture
Body terlebih dahulu.
*Disini terlihat bahwa hanya bagian
body saja yang sudah pas dengan texture-nya. Sedangkan bagian lain (mag, scope)
belum sempurna dan masih acak-acakan. Itu dikarenakan texture yang di load ini
tidak kompatibel dengan UV-map aslinya. Sebelum tahap selanjutnya, kita
mutilasi dulu bagian yang TIDAK perlu, yaitu mag dan scope.
Lakukan perlahan-lahan sampai semua
bagian yang tidak perlu HILANG, dan menyisakan bagian yang terkena texture
saja.
b. Selanjutnya tekan Ctrl + A, disusul
dengan Ctrl + T . Kemudian akan muncul jendela Texture Coordinate Editor. Lalu
pilih Move > isi pada kolom sebelah kanan dengan nilai “1”, kemudian klik
“M”. Maka posisi UV-map yang diatas akan turun ke bawah menyesuaikan dengan
letaknya masing-masing.
Setelah itu, gabungkan models dengan bone “body” (seperti pelajaran Hack Models) lalu Export ke .smd.
*Lakukan tahap ini sama untuk
bagian-bagian yang lain (yang tadi dibuang). Kemudian diexport ke .smd dalam
folder yang sama dan dengan nama yang berbeda tiap bagiannya.
[NB : Usahakan agar models tidak
lebih dari 2000 vertices. *cara melihatnya dengan Tools > Show Models Statistics
…* Karena jika lebih dari itu, compiler HLMV akan mengalami error dan proses
compile akan terhenti ditengah-tengah.
-
Setelah
semua bagian sudah selesai dipisah-pisah & di-assign, langkah selanjutnya
hanya tinggal mengumpulkan semua bahan-bahan dalam 1 folder (.smd dan
texture-nya). Setelah itu Edit .qc file supaya hanya me-load bahan-bahan yang
tadi saja (bukan models asli/yang lama).
-
Terakhir,
tinggal di compile models tersebut. Dan jika tidak ada kesalahan dalam tahapan,
models akan segera jadi tanpa hambatan.
Oke, Saya kira cukup untuk tutorial convert weapon, Kalau ada yang masih bingung, tinggal komen aja. Insya Allah ane jawab. :)
11 komentar:
maap sedikit melenceng gan..
kalo cara buat skin ped sendiri di gta sa gimana...??
Wah, sorry gan. Ane bukan modder GTA:SA.
Thanks Infonya :D
Visit My Blog http://blogduri.blogspot.com
Tapi kok kalo pas udah nyampe MS3d dibagian groups cuma ada tulisan default(no material) kalo kaya gitu mesti gimana?
yaiya, harus di kasihin texture cara manual. Liat lagi caranya dengan teliti, pasti bisa.
gan klo untuk convert character apa juga sama caranya
gan minta cara hack hand models pliz ,uda w cari2x di google gamebanana tdk ada klo ada kaga work pliz k4 tau caranya
my email:budi.laysgmz@gmail.com
@rammdhan muhtar : Pada dasarnya teknik nya sama gan. Cuma mungkin ada sedikit perbedaan di bones yang nanti bakal di assign.
Thanks Infonya gan, sangat membantu,,
gan, klo cara ngonvert dari pb ke gta gmana?
kalo model skin dari gta sa ke CS caranya sama om?ama yg diatas
Posting Komentar