Rabu, 23 Mei 2012

Menambah Submodel Cewe



Nah, Setelah mempelajari Hack Model, ada 1 hal penting yang harus diperhatikan juga gan. Karena game yang kita pake CSO-NST, yang notabene terdapat beberapa char cewek, berarti dalam 1 model terdapat 2 submodel hands ( male & female ). Adapun tools yang digunakan tidak berbeda jauh dengan tools untuk pengerjaan Hack Model, hanya ada tambahan seperti Adobe Photoshop dan Notepad ++ ( Supaya Mudah ).

            Kali ini Saya akan membuat hands cewek ke dalam senjata SPAS-15 yang dibuat oleh Balistic. ( Untuk contoh file, bisa di download DISINI ).

Oke, kita langsung saja ke langkah pertama.

> Langkah Pertama
-         Buat sembarang folder di Desktop
-         Copy model yagn akan di tambah submodel hands-nya. ( ex : v_spass15d )
-         Buka model tersebut dengan Jed’s HLMV, kemudian pilih Tools kemudian Decompile Model…

            - Kemudian pilih model spass15d tadi, Klik Open, lalu HLMV akan memproses tahap decompile model tersebut.

> Langkah Kedua
- Buka kembali folder tempat menaruh model tersebut, lalu cari file v_spas15d.qc   kemudian klik kanan > Open with Notepad ++. Maka akan ada tampilan seperti ini.

-         Oke, disini kita hanya akan bermain pada daerah kotak merah saja. Karena semua model itu berbeda-beda, untuk patokan letak bagian-bagian senjata, lihatlah baris //reference mesh(es).
-         Disitu terlihat, bahwa isi dari baris //reference mesh(es) tersebut ada beberapa script yang bertuliskan $body “studio” “arms_cz”. Nah, format script tersebut terdiri dari 3 bagian:
$body              : merupakan fungsi reference pada .qc file
“studio”          : merupakan nama part model
“SPAS-15”     : merupakan nama reference (.smd) dari senjata tersebut.
-         Karena kita akan menambahkan submodel kedalam model tersebut, maka lakukanlah perubahan pada baris $body “studio” “SPAS-15” menjadi :
$bodygroup "hands"
{
studio "arms_cz"
studio "arms_cz girl"
}
-         Jika sudah, tekan Ctrl+S lalu keluar dari Notepad ++

> Langkah Ketiga
- Kembalilah kedalam folder tempat model tersebut, lalu cari texture/gambar yang    bernama ( contoh ) handfinal256.bmp.
- Karena texture default dari handfinal256.bmp adalah untuk tangan cowok, maka kita akan melakukan editing pada texture agar terluhat seperti tangan cewek. ( dengan Photoshop.)

-         Buka handfinal256.bmp dengan Photoshop, sekalian juga dengan CSO_Girl_Hand.bmp < ( untuk texture ini, silahkan cari dan export sendiri dari senjata-senjata CSO yang ada dalam CS kalian ). Lalu klik Image > Mode > RGB.
[ Sebagai Contoh saya tidak menggunakan CSO_Girl_Hand, tapi menggunakan handfinal256 yang sudah diedit ]
-         Selanjutnya, edit-lah handfinal256 hingga menjadi mirip seperti layaknya tangan cewek ( entah itu wana kulit, sarung tangan, dll.. ).  Jika sudah, ganti kembali mode gambar menjadi Indexed Color di toolbar Image. Kemudian Save gambar tadi dengan nama handfinal256girl.bmp ( 8-bit ) dan simpan di folder yang sama.

> Langkah Keempat
            - Buka Milkshape 3D, lalu import bagian Reference dari arms_cz.smd. Maka akan tampil seperti ini :
 -         Nah! Karena tangan cewek itu lebih kecil dari tangan cowok, maka tujuan kita disini adalah untuk mengecilkan model tangan tersebut dengan cara :
  1. Pada kotak Tools klik Select, dan dibagian Select Options pilih Vertex, dan un-check Ignore Backfaces.

  1. Lalu pilih vertex pada bagian lengan ( titik yang dipilih akan berwarna merah ), untuk memilih lebih dari 1 titik, Anda bisa menahan ‘Shift’ sambil memilh titik-titik yang lainnya.

  1. Selanjutnya pilih Move pada kotak Tools, dan gerak-gerakkan mouse ( sambil menahan klik kiri ) kearah segala arah, sampai bentuk lengan tersebut menjadi mengecil dari sebelumnya.
    • untuk zoom, gunakan Scroll mouse.
    • untuk menggeser pandangan, tahan Ctrl sambil men-drag mouse ke segala arah.

  1. Jika proses pengecilan model sudah selesai, sekarang tinggal mengganti material dengan texture yang sudah di-edit tadi dengan cara : klik tab Material, kemudian pilih pada nama texture sekarang, dan ganti dengan nama texture hasil editan yang tadi.

  1. Lalu klik File > Export > half-Life SMD, dan simpan dengan nama arms_cz_girl. Pada kotak SMD Export pilih Reference.

> Langkah Kelima
            - Buka folder tempat menyimpan model, Kemudian buka HLMV lalu pilih Tools > Compile Model… > arahkan ke v_spas15d.qc lalu OK.
            - Jika sudah berhasil, cobalah cek models-nya dengan melihat pada HLMV, apakah Hands cewek sudah berhasil dimasukkan atau tidak.

Nah, Saya kira cukup sekian untuk pelajaran menambah submodel female ke sebuah model. Ini dikarenakan kita memakai CSO-NST yang terdapat beberapa karakter wanita. Tetapi jika anda membuat skin hanya untuk CS biasa, maka hal ini tidak perlu dilakukan.

Thanks to :

0 komentar:

Posting Komentar