Jumat, 18 Mei 2012

Tutorial Hack Model [ For CS 1.6 ]

OKE, Kali ini Saya akan membagikan ilmu Saya satu-satunya, yaitu HACK MODEL.
( nb : jika gambar kurang jelas, silahkan di klik untuk memperbesar )

TUTORIAL HACK MODEL(original by ZZZ)
For Beginner Only
Segala nama-nama yang ada disini hanyalah CONTOH belaka.

A. Penjelasan  Hack Skin
            Hack skin adalah suatu keadaan dimana kita MEMODIFIKASI (menambahkan aksesoris misal ; scope, silencer, dll) model senjata yang telah ada/original. Tapi untuk saat ini, ada berbagai jenis Hack model ( tidak hanya menambahkan aksesoris saja ), contohnya ; mengganti model/senjata ke hands lain/anims lain.

- Pada intinya cara yang digunakan sama. Tetapi saya disini memberikan tutorial dengan contoh. Jadi kalau Anda mengerjakan model yang lain, pergunakanlah caranya, bukan nama-nama yang ada didalam tulisan ini.

B. Alat (Software) yang Diperlukan
- Milkshape 1.8.4 atau versi lain ( HARUS DAH REGISTERED/CRACKED ) [ sedot ]
- Jed’s HLMV ( ver. 1.3.5 atau 1.3.6 ) + plugins : mdldec & studiomdl [ sedot ]
- 2 folder atau lebih ( biar gampang taro di desktop aja )
- Model yg ingin di hack ( original )
- Model yg ingin diambil aksesorisnya.



Contoh : Misalnya kamu nemu senjata AK-47 yang ada scope “ACOG” nya. Terus kamu mau tambahin scope ke senjata UMP45 yg belum ada apa-apanya. Nah, yang dimaksud model yg ingin diambil aksesorisnya adalah AK-47 itu. Karena kamu mau ngambil scope-nya kan? [ File contoh tutorial ]


                                                        INI CONTOH ACOG SCOPE


Oke, sebagai contoh saya akan menambahkan scope diatas ke senjata UMP45.
Kita mulai saja….

LANGKAH PERTAMA ( Menggunakan Jed’s HLMV )
-         Masukan/copy kedua model (AK-47{yg digambar}, dan original UMP45 yg UMP45 di folder 1, dan yg AK di folder 2.
-         Decompile kedua model tersebut menggunakan Jed’s HLMV (kalo ga tau ada di Tools > Decompile Model… > kemudian pilih kedua model tersebut.



LANJUT…

-         Kalo sudah, folder 1 dan 2 akan terisi dengan file ber-eksistensi .smd, .bmp, dan .qc.
-         > File .smd adalah file yang merupakan format dari Half Life model yang support oleh Milkshape. Isinya ada rangka senjata dan animasi. Ada 2 macam tipe .smd, jika yang bertulisan misal : shoot_1.smd, draw.smd, reload.smd, < FILE SMD INI MERUPAKAN ANIMASI DARI SENJATA ITU. Tapi jika tulisannya misal : hands.smd, dll… < FILE SMD INI MERUPAKAN REFERENCE ATAU BAGIAN GEOMETRY 3D DARI SENJATA.
-         > File .bmp merupakan TEXTURE dari rangka model tersebut. Texture adalah lapisan terluar model yang berupa gambar yang diatur dengan UV map sehingga membentuk suatu susunan gambar 3D yang menyelimuti model 3D tersebut.
-         > File .qc adalah dasar dari model. Umpamanya kalo ingin membuat rumah harus ada pondasi-nya, kalo mau buat model harus ada .qc nya, Jadi semua isi dari 1 model ditentukan oleh file .qc tersebut. File .qc inilah yang nantinya dipakai untuk meng-compile model.

KALO UDAH, LANJUT KE TAHAP BERIKUTNYA….

LANGKAH KEDUA ( Menggunakan Milkshape 1.8.4 )
  1. Buka Milkshape dan masuk folder 2, kemudian import .smd reference senjata yang ingin diambil aksesorisnya ( misal : body1.smd ) . File > Import… > Half-Life SMD… ( nb : misal anda ragu untuk menentukan yang mana file .smd yang ada aksesorisnya, cobalah anda import 1 per 1 file .smd yang ada didalam folder. ) Misalkan sudah ketemu tapi masih ada bagian senjata yang tidak terpakai, maka lihat di bagian Groups, klik salah satu bagian dan lihat apakah yang berwarna merah adalah bagian yang tidak terpakai. Jika memang betul, klik Delete.

                                                      Dan hasilnya akan seperti ini.
               
  1. Lalu klik File > Export… > Half-Life SMD dan centang bagian Reference lalu OK. ( export kedalam folder tempat senjata original/folder 1 {UMP45} ).
  2. Kemudian masuklah ke folder 2 lalu copy texture dari aksesoris tersebut (misal : acog.bmp) dan paste di folder 1.
  3. Klik File > New, dan akan ada jendela pertanyaan pilih “No”.
  4. Kalu import semua .smd reference dari senjata original ( UMP45 ) dan juga .smd pertama yang tadi di export ( scope.smd ).
  5. Dan tampilannya akan seperti ini :

  1. Pilih bagian aksesoris senjata pada tab Groups hingga berwarna merah, kemudian pindah ke tab Model. Klik bagian “Move” lalu pindahkan posisi aksesori ( scope ) tadi hingga pas pada atas senjata aslinya. Jika kamu rasa ukuran aksesori terlalu besar/kecil/pendek/panjang, bisa diatur pada pilihan “Scale”.

  1. Kemudian assign bagian aksesoris ke rangka/bone (garis-garis banyak berwarna biru). Caranya, pilih tab “Joints” ( pastikan centang “Show skeleton” ) lalu coba pilih rangka yang menunjukkan pergelangan tangan yang MEMEGANG GRIP UTAMA ( kalo UMP45 ini “bone25” ). Kemudian pilih lagi bagian senjata pada tab Groups agar bagian aksesoris berwarna merah kembali. Setelah itu, balik lagi pada tab Joints dan klik “Assign”.
                                                 - LIHAT GAMBAR DI BAWAH INI !!! -
                                               > INI SUDAH DI ASSIGN <

  1. Untuk mengetahui bahwa aksesoris yang kita pasang sudah nempel pada body senjata, kita test dengan cara Import animasi. Sebagai contoh animasi reload.smd. Ketika meng-import animasi ketika ada pertanyaan pilih “No” saja. Lalu klik tulisan “Anim” di pojok kanan bawah, dan klik tanda “ > “
                                                       > TERNYATA NEMPEL GAN! <

  1. Setelah sudah mengetahui bahwa aksesoris yang kita pasang sudah nempel, barulah kemudian kita meng-Export LAGI bagian aksesoris tersebut. Caranya : Pilih tab Groups > hapus bagian senjata yang lain ( sisakan hanya bagian aksesoris saja ) > kemudian klik File > Export > Half-Life SMD… dan timpakan ke .smd yang sebelumnya. NB : Jika kira-kira jumlah vertices belum mencapai 2000 vertices, bisa juga digabung dengan bagian senjata yang lainnya ( misal : body ), supaya tidak usah merubah-rubah .qc file lagi. Tapi jika sudah melebihi 2000 vertices, lebih baik dipisahkan saja. Karena akan menyebabkan Error pada compiler HLMV. [ too many vertices in … .smd ].
  2. Sekarang mengatur .qc file… masih tetap di Milkshape, klik Tools > Half-Life > Edit QC File… dan pilih file .qc milik model original ( UMP45 ) dan buka.

  1. Di bagian //reference mesh(es) paling bawah tambahkan 1 lagi kalimat seperti diatasnya (diberi 1 spasi kebawah), tetapi kata yang di dalam tanda kutip diganti dengan nama file .smd dari aksesoris yang telah di export tadi. (misal : scope) tapi ingat! NAMANYA SAJA TIDAK USAH PAKAI .smd. Kemudian SAVE atau CTRL+S.
LANGKAH AKHIR ( Menggunakan Jed’s HLMV )
-         Buka Jed’s HLMV, klik Tools > Compile Model… dan buka file .qc dari senjata original ( folder 1 ). Klik OPEN. Dan kemudian dia akan memproses model menjadi 1 file yaitu .mdl.
                                                > HASIL AKHIR <

Nb: hasil compile model ada di dalam folder senjata original (folder 1)

Tambahan dari Ubay De Francesco :


Oke, sepertinya cukup untuk saat ini mengenai bagaimana caranya 'Hack Model'. Semoga tutorial ini bisa bermanffat bagi Anda yang ingin belajar modding CS.

27 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

gmn ni pas mw export ad tulisan This copy is not registered! gmn tuh

Unknown mengatakan...

emang bner harus bayar dlu baru bisa mke exportnya?

Christian Chandra mengatakan...

sob.. QC punya gua beda dengan yang punya lo sob..
ga ada //reference mesh(es) dan tulis tulisan weapon gitu sob .
gimana tuh ..??

mohon bantuannya ,,
atau lo bisa buatin gua ntar senjatanya gua kirim lewat email ... gimana sob ??

Danang mengatakan...

@Coro Mania : Lha iya gan, kan udah dijelasin. Biar nyaman makanya MS3D nya di register dulu. Kan udah ada tuh key-nya?

@Christian Chandra : Kamu decompile-nya dari MS3D ya? yang tools>Half-Life? Memang kalo hasil decompile dari MS3D sama HLMV tu beda. Enakan yang HLMV, lebih tersusun rapi dan ga pusing.

Unknown mengatakan...

aku dah download milkshape 1.3.5 ,Jed's Half-life model viewer,sama skin yang kamu kasih, tapi anehnya koq waktu aku "decompile model" ga muncul kaya command prompt di gambar, truz folder nya ga keisi file ber eksistensi .smd, .bmp, sama .qc


Tolong Cepat Bales Dong kak................

Unknown mengatakan...

smd yang sebelumnya apa? aku bingung nih.....

Danang mengatakan...

@Finn : Oh, harus di konfigurasi dulu tools compiler & decompilernya. Menunya ada di menu "Tools". Abis itu arahin sama studiomdl.exe & decompiler nya. (ane rada lupa)
Maaf ane lagi ga megang kompi sekarang.

Unknown mengatakan...

makasih ya bang ... klo buat senjata sendiri gmana tutorialx bang . (P_model)(W_model)(V_model) tolong kasih tutorialnya ya bang .

krisna_mardianto mengatakan...

thx gann , ane siap bwat wpn. ane sndiri :D

Anonim mengatakan...

hai gan,,gimana cara ubah posisi view_model jadi di center ????

Unknown mengatakan...

Gan ane aja kga bayar bisa,,tapi pakai KeyGen (Key Generator)

REGISTER GRATISSSSS !!!!!!


kalo mau,,kirim lewat email aja ya,,

slamet.rama31@yahoo.com.

Unknown mengatakan...

gue gak bisa complie nih tolongin dong

Badlan mengatakan...

Bang Kalau Bisa Buatin Skin Dual MG3 / Dual Gatlinggun

Ntar postingin

@Jawab

Ferdian mengatakan...

Yang bener aja masak dual mg3 atau minigun

Unknown mengatakan...

udah 3 taun nih nyari tutorial yg beginian,..
akhirnya ada juga....

Unknown mengatakan...

Gan Pas ane decompile ump45nya kok muncul ginian... > http://prntscr.com/1yz4gu

Unknown mengatakan...

Kok Ane Kaga Bisa Nge Decomplie Modelnya Kaga Bisa Gan ? Solusinya Dong

Unknown mengatakan...

cara nyari modelnya gmn?

Habibi Salim mengatakan...

Thanks Gan!!!

Habibi Salim mengatakan...

Bagi Yang Gk Bisa Compile/Decompile Model...

Pake Cara Yg Ini Aja...

Untuk Decompile Model ;

Buka Milkshape3D

Tekan Tools

Cari "Kratisto's Half Life Model Decomplier v1.2"

Cari File Yg Anda Mau Decompilekan

Selesai !

Untuk Compile Model ;

Buka Milkshape3D

Tekan Tools

Tekan Half-Life

Tekan "Compile Qc File..."

Cari File Qc Yang Mau Anda Compile

Selesai!

Sekian....

Unknown mengatakan...

gan kok pas gua mau compile kok file mdl ga berubah

Unknown mengatakan...

makasih....biangt gans, saya dah coba blajar selama sekitar 21 mnt dah bisssssaaaa..thnks biangt..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Unknown mengatakan...

Decompiler nya itu namanya mdldec.exe

Unknown mengatakan...

gan kok mac mau gabungin senjata besar kali tu snopenya kecil gimana cara samainnya ?

Unknown mengatakan...

Masuk tab groups, cari nama scopenya lalu select. Kemudian masuk tab models klik scale. Lalu anda bisa memperbesar ukuran scopenya

Irfan nurzein mengatakan...

cara mengubah v menjadi p/w bagaimana ?

Posting Komentar